Sabtu, 12 Februari 2011

6 HAL PENTING SEPUTAR KESEHATAN

                               6 HAL PENTING SEPUTAR KESEHATAN


   Kadang kita merasa sangat berharganya kesehatan tubuh bila kita sudah menderita sakit. Kita mungkin beranggapan bahwa hari ini kita tidak tidak merasakan sakit, tanpa kita tahu secara pasti kapan sakit tersebut menghentikan aktivitas kita.
Kesehatan tubuh menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan keseharian kita. Kesehatan tubuh sesungguhnya adalah modal utama kita menjalani hari, semua rutinitas harian kita akan menjadi lengkap dan sempurna bila kita dalam kondisi tubuh yang fiit. 

Kesehatan Tubuh
Berikut ini beberapa hal yang kelihatannya sepele akan tetapi sangat penting dalam memelihara kesehatan tubuh.
  1. Pengen bugar minum air

    Tubuh sebagian besar terdiri dari air. Minum air sekurangnya 8 gelas sehari akan sangat bermanfaat besar pada kebugaran tubuh, sebab air akan memperlancar proses metabolisme di dalam tubuh membantu tubuh mengeluarkan toksin melalui keringat dan urine, peredaran darah membaik sehingga tubuh akan terasa bugar.
  2. Perbanyak makan sayuran dan buah

    Sayur dan buah sebaiknya selalu ada dalam menu harian kita, kebutuhan akan vitamin dan serat dapat kita peroleh dari mengkonsumsi sayuran dan buah.  Selain itu konsumsi sayuran khususnya sayuran hijau akan mengurangi resiko terkena kanker sebab menurut penelitian para ahli dalam klorofil pada sayuran hijau banyak terkandung magnesium yang baik untuk menangkal kanker.
  3. Latihan dan olah raga rutin

    Latihan ringan misalnya lari-lari kecil beberapa menit di sekitar rumah merupakan teknik tepat menjaga kesehatan tubuh.  Apapun jenis kegiatan olah raga yang dipilih asalkan rutin maksimal 2 jam/hari akan memberikan hasil menakjubkan pada tubuh.
  4. Turunkan berat badan anda

    Siapa yang tak ingin bentuk tubuh yang ideal, ternyata berat badan juga dapat mengancam kesehatan tubuh anda. Resiko kanker meningkat 20 % pada wanita dan 14 % pada pria akibat obesitas.
  5. Perhatikan pola makan anda

    Asupan makanan yang kita makan sehari-hari perlu diperhatikan, kurangi kebiasaan makan tak sehat misalnya banyak makan gorengan, fast food, atau minuman bersoda hal ini dapat mengancam kesehatan tubuh anda.
  6. Hindari Stress berkepanjangan

    Kesehatan tubuh juga dipengaruhi oleh gangguan psikis seperti stress yang kerap muncul akibat himpitan beban pikiran karena pekerjaan, bisnis atau urusan lainnya.  Lakukan kegiatan ekstra yang anda anggap mampu mengusir beban pikiran misalnya mendengarkan musik, bermain video game, bernyanyi dan lain-lain                                                                                                                                                   Sumber : AnneAhira.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites