Sabtu, 12 Februari 2011

MENGENAL NAMA SAYURAN DAN KHASIATNYA

Tahukah Anda bahwa sayuran yang sering dikonsumsi memiliki keragaman dan jenisnya. Nama sayuran tak identik dengan tanaman berdaun. Ada banyak lagi jenis sayuran yang perlu diketahui. Sayur tidak hanya dipakai untuk menyebutkan tanaman yang diambil daunnya untuk dikonsumsi. Dalam ilmu pertanian, sayur dikategorikan dalam tiga golongan.
1. Dedaunan  
Sayur yang tergolong dedauan adalah tumbuhan yang diambil dari daun untuk dikonsumsi. Sayuranan daun seperti bayam, kangkung, caisim, daun katu, selada dan sawi mengandung banyak zat besi, serat, vitamin B2, asam folat. Terutama pada bayam, kandungan vitamin dan gizinya begitu komplit. Bayam merupakan sayuran yang prima dan direkomendasikan untuk dikonsumsi lebih sering. Mengonsumsi sayuran hijau menjamin tubuh Anda bebas dari darah rendah. 
Kangkung juga mengandung zat yang berguna untuk mencegah kanker. Sayuran lain yakni kangkung yang dibudidayakan di lahan basah. Kangkung mengandung zat besi, mineral seperti kalium, magnesium yang berguna bagi pertumbuhan tulang, gigi dan menjaga kesuburan rambut.
Kangkung juga mengandung vitamin, A, B, C, dan zat karoten. Zat yang terdapat dalam kangkung memiliki sifat antitoxic/melawan racun, memperlancar air seni dan meluruhkan zat-zat yang tak berguna bagi tubuh. Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur, sering-seringlah menyantap sayur kangkung. Selain mengandung mineral, dalam tumbuhan air ini terdapat zat penenang alami yang bisa membuat Anda cepat terlelap tidur. 
2. Buah
Sayuran yang dikategorikan buah yakni, tomat, ketimun, terong dan lain sebagainya. Tomat mengandung vitamin A dan C yang berkasiat bagi indera penglihatan, dan ampuh meredakan flu. Tomat merupakan tumbuhan unik, karena hanya berbuah sekali dalam periode tumbuh. Setelah berbuah, tumbuhan ini mati. Tomat juga bisa dibuat jus untuk diambil sarinya.Tomat juga bisa diblender dijadikan saos sebagai pelengkap makanan.  
Ketimun atau bahasa latinnya cucumis sativus merupakan sayuran yang kaya akan kandungan air. Ketimun merupakan makanan yang biasa disantap mentah tanpa diolah karena terasa segar di tenggorokan dan pelengkap lalapan. Fungsinya sebagai makanan pendingin untuk mengimbangi citra rasa pedas. Zat yang terkandung dalam ketimun yaitu asam animo. Zat ini merupakan anti oksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Ketimun juga bisa menetralisir tekanan darah tinggi karena daging ketimun bersifat diuretic atau penuh cairan. 
Siapa yang tak kenal terong? Jenis sayuran yang wajib ada dalam seporsi sayur lodeh. Di dalam sebutir terong terdapat zat protease yang berkasiat melawan sel kanker. Terong yang dalam bahasa latinnya solanaceae memiliki kandungan vitamin C dan kandungan fiber bisa meredakan sariawan dan gejala panas.
3. Umbi
Jenis sayuran yang masuk dalam kategori umbian adalah wortel, kentang dan wasabi. Wortel dengan nama latinnya daucus carota memiliki kandungan vitamin A yang tinggi bagus untuk kesehatan mata. Wortel juga baik untuk meredakan kadar gula pada orang pengidap diabetes.
Kandungan anti oksidan bisa meredakan zat nikotin bagi perokok berat. Kentang merupakan salah satu makanan pokok penduduk bumi, selain beras dan gandum. Dalam sebutir kentang terdapat sejumlah kandungan gizi seperti protein nabati, karbohidrat, dan niasin. Kentang rebus merupakan makanan pengganti nasi bagi orang yang mengidap dibates. Kandungan gula pada kentang amat minim jadi aman dikonsumsi orang yang mengidap penyakit gula
SUMBER; AnneAhira.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites