Senin, 28 Februari 2011

MANFAAT KALDU AYAM

Kaldu Ayam Pacu Daya Ingat

Sari pati ayam atau dikenal dengan kaldu ayam sudah sejak lama diketahui bermanfaat besar untuk menjaga stamina tubuh. Tak ayal, orang Tiongkok sering membuat sup kaldu ayam untuk mengobati masuk angin. Khasiat kaldu ayam tidak terbatas pada stamina, tapi juga meningkatkan daya ingat seseorang.
Itu hasil penelitian yang dilakukan Hajime Nagal dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga yang dipublikasikan pada 1996 dalam Jurnal Ilmiah Antropologi Psikologi Manusia. Dinyatakan, sari pati ayam bermanfaat dalam pemulihan dari kelelahan. Terutama akibat kelelahan beban mental. Mengonsumsi sari pati ayam dapat meningkatkan daya pikir menjadi lebih responsif (cepat). Juga meningkatkan daya ingat jangka pendek.
Penelitian tersebut melibatkan 20 mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi 70 gram sari pati ayam. Sisanya mengonsumsi plasebo (protein susu) dua kali sehari. Penelitian dilakukan selama seminggu. Pada hari ketujuh, para peserta mengikuti daya pikir dan mood psikologi.
Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi sari pati ayam memiliki tingkat kesalahan lebih rendah dalam tes aritmatika maupun tes daya ingat jangka pendek. Hal itu dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi plasebo. “Sebab, sari pati ayam mengandung asam amino terbaik jika dibandingkan dengan sumber lain,” kata dr Philip Tsang dari Brand’s Brain Research Center Cerebos Pacific Limited dalam diskusi kesehatan Optimizing Mind Performance di Hotel Shangri-La Surabaya beberapa waktu lalu.
Asam amino alami atau carnosine yang terkandung dalam sari pati ayam dapat menambah carnosine. Sifatnya memicu kekebalan serta mengurangi dan mencegah kerusakan sel akibat amiloid beta (zat yang ditemukan di dalam otak pasien alzheimer). Sari pati ayam bisa dikonsumsi semua umur. Cara termudah untuk mendapatkan sari pati ialah membuat kaldu ayam. Atau membeli suplemen yang tersedia di pasaran. Yang membedakan keduanya, kadar lemak pada suplemen sudah dihilangkan.
Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=81

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites