Kamis, 17 Februari 2011

PENYEBAB DAN SOLUSI KESEHATAN


5 Penyebab dan Solusi Masalah Kesehatan

1 comment
solusi kesehatanTubuh kita mengingatkan atau memberitahu tentang kondisi tertentu dengan berbagai tanda. Rasa sakit atau nyeri misalnya, mengandung makna tertentu. Berikut, pertanda beberapa kondisi umum dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Sendi Berbunyi
Kemungkinan besar penyebab:
Cairan disekitar sendi mengandung sejumlah gas, antara lain oksigen dan nitrogen. Menggerakkan sendi membuat sendi meregang, yang lalu secara cepat melepaskan gelembung-gelembung gas yang lalu pecah atau berbunyi. Bunyi gertakan tersebeut bisa disebabkan tendon menggesek tulang.
Kemungkinan kecil penyebab:
Jika merasa sakit setiap kali sendi berbunyi, kemungkinan menandakan masalah sendi atau tulang rawan, seperti  arthritis.
Solusi:
Jika sendi bunyi tidak menyakitkan, jangan cemas. Jika sakit atau bengkak, atau sendi tampak merah atau gerakan jadi terbatas, periksakan ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

Tangan Dingin
Kemungkinan besar penyebab:
Stress yang akut dapat mempercepat sistem syaraf, menyebabkan pembuluh darah mengerut dan karena itu menghambat sirkulasi ke tangan. Selain itu, sebagian orang punya sirkulasi yang lebih lambat dibanding yang lainnya.
Kemungkinan kecil penyebab:
Jika jari tangan juga kram, baal, dan berubah warna (dari warna keputihan menjadi biru atau merah cerah) kemungkinan disebabkan phenomena Raynaud, yang dapat berefek pada sirkulasi secara ekstrim. Kemungkinan lainnya: penyakit jaringan penghubung, sumbatan arteri, atau efek samping obat tertentu, misalnya beta blockers.
Solusi:
Coba pernafasan dalam atau teknik relaksasi mudah lainnya untuk meningkatkan sirkulasi jika dugaannya adalah karena stress. Jaga tangan tetap hangat. Jika tangan dingin tanpa alasan jelas atau jika sering terjadi, konsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kondisi raynoud atau kondisi lainnya.
Mata Kering
Kemungkian besar penyebab:
Memandangi komputer terlalu lama, mengkonsumsi terlalu banyak alkohol, atau berada dalam kondisi yang terlalu dingin, kering atau berangin, dapat meningkatkan penguapan lapisan air mata pada mata. Obat antidepressant, antihistamines dan pilek juga dapat menyebabkan mata kering
Kemungkinan kecil penyebab:
Mata kering kronik dapat menunjukkan hyperthiroidism atau penyakit autoimun seperti lupus.
Solusi:
  • Untuk mata kering ringan, air mata buatan bebas zat pengawet yang dijual bebas bisa melumas dan melundungi mata.
  • Kenakan kacamata surya yang mengandung filter UV yang menutupi seluruh mata ketika berada ditengah cuaca dingin atau berangin.
  • Di malam hari, gunakan obat tetes mata, teteskan kedalam kelopak mata bawah.
  • Untuk mata kering kronik yang parah, periksakan ke dokter dan mungkin perlu obat tetes resep dokter.
Batuk Kronik
Kemungkinan besar penyebab:
Sesuatu menggelitik kerongkongan dan batuk adalah cara reflektif tubuh untuk mencoba mengeluarkan irritant. Kemungkinan adalah alergi atau membran mucus mengirim cairan ke dalam kerongkongan.
Kemungkinan kecil penyebab:
Kram saluran udara karena efek samping obat tertentu, misalnya ACE inhibitor Chronic abstructive lung disease (sering disebabkan karena merokok), pulmonary fibrosis (yang meliputi goresan dari paru-paru), atau masalah katup jantung juga bisa menyebabkan batuk jika cairan terakumulasi di paru-parupar.
Solusi:
Peiksakan ke dokter dan diskusikan setiap simptom lain yang kemungkinan dimiliki untuk membantu dokter menemukan apa yang terjadi. Dokter kemungkinan akan mendengarkan paru-paru dan jantung dan bahkan minta pemeriksaan sinar X untuk mengobati penyebab harusnya bisa menghentikan batuk.
Kram Otot Kaki
Kemungkinan besar penyebab:
Duduk atau berdiri terlalu lama pada satu posisi, atau mengenakan sepatu hak tinggi sepanjang hari, dapat melelahkan otot-otot di betis dan menyebabkan kram, kadang beberapa jam sesudah itu atau selama tidur malam. Dehidrasi  atau ketakseimbangan elektrolit juga bisa menyebabkan kejang otot.
Kemungkinan kecil penyebab:
Obat statin, anticonvulsant, antihistamines, estrogen, osteoporosis danpat menyebabkan kram otot sebagai efek samping. Arteri tersumbat atau menyempit juga dapat mengurangi aliran darah ke kaki, mnyebebkan kram.
Solusi:
  • Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, dan konsumsi makanan kaya elektrolit, kalsium, potassium, dan magnesium. Contohnya sayuran daunhijau, pisang dan kacang-kacangan
  • Pilih sepatu hak pendek dengan sanggah baik untuk mencegah betis lelah.
  • Regangkan kaki sesudah jalan, olahraga, duduk terlalu lama atau mengenakan sepatu hak tinggi.      sumber:vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites