Senin, 28 Februari 2011

MAKANAN

Waspadai Kelebihan Protein

Ketimbang karbohidrat, protein lebih sulit dicerna, terutama protein nabati. Karenanya, Bambang menyarankan untuk mengonsumsi seperlunya. Yang terjadi jika konsumsi protein berlebih adalah:
Kerja Ginjal dan Hati Semakin Berat
Kedua organ itu bertugas untuk menguraikan protein. Jika konsumsinya cukup tinggi, kedua organ itu harus ekstra keras mengurai dan mengeluarkan protein melalui urin.
Memicu Osteoporosis
Pengeroposan tulang ini terjadi akibat tingginya kadar fosfor dalam daging sebagai sumber protein hewani. Darah berfungsi menjaga keseimbangan rasio antara fosfor dan kalsium. Semakin tinggi kadar fosfor, dibutuhkan kalsium yang tinggi juga. Fosfor dan kalsium dalam tubuh dengan jumlah yang banyak akan bersenyawa menghasilkan kalsium fosfat.
Senyawa itu tidak bisa diserap tubuh dan harus dikeluarkan. Sehingga, kalsium yang seharusnya diserap tubuh menjadi terbuang sia-sia.
Kekurangan Energi
Memang protein bisa menghasilkan energi, tapi konsumsi protein berlebih justru bisa mengurangi energi. Ini disebabkan, tubuh tidak bisa menyerap semua protein yang masuk dalam tubuh.
Jika kebutuhan protein sudah tercukupi, maka sisanya akan menumpuk toksin dalam tubuh. Untuk mengeluarkan toksin ini, tubuh memerlukan energi. Jadi, energi yang seharusnya untuk beraktivitas juga harus digunakan untuk mengeluarkan toksin.
Karena itu, Bambang menyarankan untuk cukupi protein sesuai kebutuhan.
Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=41

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites